Setahun Perang Rusia di Ukraina: Panduan Sederhana Anda | Berita perang Rusia-Ukraina

Setahun Perang Rusia di Ukraina: Panduan Sederhana Anda |  Berita perang Rusia-Ukraina

Hampir setahun telah berlalu sejak tank Rusia meluncur ke Ukraina untuk invasi skala penuh yang diperingatkan oleh beberapa pemimpin dunia.

Peringatan 24 Februari akan membawa rasa berkabung bagi warga Ukraina. Banyak yang berduka atas keluarga mereka dan semua akan mengingat kehancuran yang mengguncang negara mereka saat mereka merenungkan apa yang akan terjadi.

Ribuan warga sipil Ukraina, termasuk setidaknya ratusan anak-anak, dan puluhan ribu tentara di kedua sisi tewas. Jumlah pastinya sulit untuk dikonfirmasi, dan sebagian besar perkiraan diyakini sangat diremehkan.

Jutaan lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mencari keselamatan.

Ke depan, ada kekhawatiran akan konflik yang lebih luas yang mungkin melibatkan hulu ledak nuklir karena hubungan antara Rusia dan sekutu Ukraina di Barat, yang telah memburuk dari posisi terendah saat perang berkecamuk, semakin menurun.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang konflik saat memasuki tahun kedua.

Mengapa perang dimulai?

Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi skala penuh Rusia pada dini hari tanggal 24 Februari tahun lalu.

Di sebuah alamat pagi itu dia menggambarkan serangan itu sebagai “operasi militer khusus” dan mengatakan tujuannya adalah untuk “mendemiliterisasi dan mende-Nazifikasi” Ukraina.

Dia berargumen bahwa sejak 2014, pemerintah Ukraina telah menjadikan warga sipil berbahasa Rusia di wilayah timur Donbas sebagai “genosida”.

Itu adalah tahun ketika Rusia mencaplok semenanjung Krimea dan separatis yang didukung Moskow mencoba melepaskan diri dari kendali Kiev dengan merebut wilayah dan mendirikan negara bagian timur yang dideklarasikan sendiri di Donbass – yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) .

Sebagian besar dunia masih mengakui Krimea, DPR, dan LPR sebagai negara Ukraina, tetapi pada tahun-tahun sejak 2014, sekitar 14.000 orang tewas dalam konflik antara pasukan pemerintah Ukraina dan pemberontak yang didukung Rusia.

Berapa banyak yang terbunuh di masing-masing pihak sulit untuk dikonfirmasi, tetapi hanya sedikit yang setuju dengan penggunaan kata “genosida” oleh Putin.

Komentar “de-Nazify” Putin – yang berlanjut selama perang – mengacu pada Batalyon Azof, brigade Ukraina yang berakar pada ideologi sayap kanan, terdiri dari sukarelawan yang berperang melawan separatis di timur. Kelompok itu sekarang dikenal sebagai Resimen Azof dan beberapa pejuangnya sejak itu menolak label sayap kanan.

Pada 24 Februari, presiden Rusia juga mengaitkan invasi itu dengan aliansi militer transatlantik NATO yang dipimpin Amerika Serikat. Dia mengatakan Rusia bermaksud mencegah NATO memperluas lebih jauh ke timur dan mendapatkan “pijakan militer” di Ukraina, yang merupakan bagian dari Uni Soviet sebelum keruntuhannya pada tahun 1991.

Ukraina dan sekutu Baratnya menolak semua alasan Rusia.

Mereka mengatakan perang itu tidak beralasan dan ditujukan untuk merebut tanah dan menaklukkan Ukraina. NATO belum mengakui Ukraina sebagai anggota, dengan mengatakan itu adalah aliansi pertahanan murni.

INTERAKTIF - TIMELINE ANGGOTA NATO

Negara mana yang mendukung masing-masing pihak?

Sekutu Ukraina sebagian besar berada di Barat.

AS, Inggris, Uni Eropa, Jepang dan Australia, antara lain, semuanya telah mendukung Kiev dengan bantuan militer dan kemanusiaan miliaran dolar.

Banyak sekutu NATO berada di garis depan dalam upaya mempersenjatai Kiev dengan senjata yang mampu menangkis pasukan Rusia.

Pendukung utama Rusia adalah tetangga dan sekutu dekatnya, Belarusia. Militer Rusia menggunakan wilayah Belarusia sebagai landasan peluncuran invasi.

Mantan sekutu Asia Tengah Soviet Moskow sedang menapaki garis yang hati-hati. Sepanjang tahun, sebagian besar menyerukan perdamaian dan mempertahankan hubungan diplomatik dengan Rusia, tetapi para analis mengatakan rasa keprihatinan terlihat jelas ketika perang dimulai oleh Rusia, di mana kekuatan Soviet bermarkas, sebuah negara dengan sejarah politik yang serupa merebut.

Pada saat yang sama, banyak negara – seperti China, India, dan Turki – menghindari dukungan penuh dari salah satu pihak.

Berapa banyak orang yang telah terbunuh?

Berdasarkan Menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa 13 Februari, setidaknya 7.200 warga sipil, termasuk ratusan anak-anak, telah tewas sejak Rusia memulai invasi.

Jumlah korban sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, karena pertempuran yang sedang berlangsung menghambat upaya untuk menghitung korban tewas.

Puluhan ribu tentara di kedua sisi juga tewas, tetapi sekali lagi korban kemungkinan besar lebih tinggi – menurut pejabat Barat, ratusan ribu tentara telah tewas.

Tidak ada pihak yang memberikan angka yang dapat diandalkan untuk korban perang mereka sendiri.

Di luar Ukraina, perang telah menumpuk kesengsaraan pada jutaan orang yang menderita krisis pangan dan energi akut. Ukraina dan Rusia secara tradisional adalah pengekspor makanan global dan konflik tersebut telah sangat mengganggu rantai pasokan.

Rusia juga pengekspor energi – yaitu minyak dan gas – dan telah mengurangi pasokan ke Barat sebagai tanggapan atas gelombang sanksi, yang memicu inflasi dan memperdalam krisis biaya hidup di Eropa khususnya.

Apa yang telah terjadi sejauh ini?

Di awal invasinya, Rusia mengerahkan tentara – an diperkirakan 200.000 di antaranya – di Ukraina dari utara, timur dan selatan.

Mereka menaklukkan sebagian besar wilayah dan mendorong ke pinggiran Kiev.

Namun pasukan Rusia gagal merebut ibu kota.

Pada akhir Maret, serangan balik Ukraina berhasil memukul mundur unit Rusia di utara dan selatan, merebut kembali beberapa wilayah dan mengungkap kekejaman yang dilakukan oleh pasukan pendudukan di tempat-tempat seperti Bucha, pinggiran kota di Kyiv.

Terpaksa mundur, pasukan Moskow berkumpul kembali di timur Ukraina dan Putin merevisi tujuan Kremlin sebagai “pembebasan Donbas”.

Pertempuran berbulan-bulan di sepanjang front selatan dan timur menyusul. Moskow pada akhir September bergerak untuk mencaplok secara sepihak empat wilayah yang sebagian diduduki – Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhia – sebuah langkah yang secara luas dikutuk sebagai taktik yang tidak berarti.

Sementara itu, pasukan Ukraina, dibantu pasokan senjata Barat, melakukan serangan balik. Pada pertengahan November, Ukraina telah merebut kembali kota Kherson di selatan – satu-satunya ibu kota regional yang direbut oleh pasukan Rusia sejak awal perang – kekalahan yang memalukan bagi Moskow.

Sejak itu, kedua belah pihak terkunci dalam pertempuran berdarah untuk menguasai wilayah di Donbas, yang terdiri dari wilayah Donetsk dan Luhansk.

Apa yang bisa terjadi selanjutnya?

Pejabat Ukraina percaya bahwa Rusia meluncurkan serangan baru bertepatan dengan peringatan pertama perang.

Mereka khawatir Moskow dapat mengerahkan ratusan ribu wajib militer yang dimobilisasi akhir tahun lalu dalam upaya mengubah gelombang konflik menjadi keuntungannya, dan bahkan mungkin upaya lain untuk merebut Kiev.

Ukraina sedang mempersiapkan diri untuk serangan baru, didorong oleh peningkatan dukungan militer Barat dalam bentuk rudal jarak jauh dan tank tempur.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan tujuan pemerintahnya bukan hanya untuk menghalau serangan, tetapi juga merebut kembali semua wilayah Ukraina yang direbut Rusia, termasuk Krimea.

Kiev telah memohon sekutu Baratnya untuk lebih banyak dukungan militer guna menyingkirkan Ukraina dari pasukan invasi Rusia, dengan permintaan terbarunya berfokus pada jet tempur F16.

INTERAKTIF_UKRAINE_F16 Elang

Menteri Luar Negeri Inggris Ben Wallace baru-baru ini mengatakan kepada surat kabar The Sun bahwa dunia harus “mengharapkan Rusia untuk meningkatkan penargetan wilayah sipil tanpa pandang bulu”, menambahkan bahwa pada peringatan perang Putin akan “membunuh dan membunuh lebih banyak orang yang tidak bersalah”.

Dan pada awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memperingatkan dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah bahwa acara-acara Barat yang memperingati hari jadi tersebut “tidak akan menjadi satu-satunya acara yang akan menarik perhatian dunia”.

link sbobet