Puing-puing kereta api tergores saat kemarahan meningkat atas Yunani | Berita

Puing-puing kereta api tergores saat kemarahan meningkat atas Yunani |  Berita

Pemerintah disalahkan atas kegagalan keselamatan kereta api karena beberapa orang Yunani menunggu untuk mendengar apakah kerabat mereka termasuk di antara para korban.

Ribuan mahasiswa Yunani melakukan protes untuk hari ketiga berturut-turut karena kemarahan meningkat setelah tragedi kereta api terburuk di negara itu, yang menewaskan sedikitnya 57 orang.

Di Athena, sekitar 2.000 orang, sebagian besar mahasiswa yang seumuran dengan korban kecelakaan, berkumpul di pusat kota pada hari Jumat.

Demonstrasi serupa akan diadakan di Larissa, dekat lokasi bencana, Thessaloniki dan Patras.

Seprai hitam tersampir di pintu masuk beberapa universitas. Di Larissa, mawar putih dilemparkan ke rel stasiun kereta lokal.

Frustrasi memuncak ketika pengunjuk rasa meledakkan pemerintah berturut-turut karena gagal meningkatkan keamanan jaringan kereta api.

Negara itu diguncang pada hari Selasa ketika sebuah kereta penumpang bertabrakan dengan kereta barang sebelum tengah malam, setelah menempuh perjalanan beberapa kilometer di jalur yang sama.

Banyak orang di dalamnya, yang diperkirakan lebih dari 350 orang, masih belum diketahui. Sebagian besar korban adalah pelajar berusia 20-an yang kembali dari akhir pekan yang panjang.

Pihak berwenang menyarankan ‘kesalahan manusia’ untuk menjelaskan tabrakan kereta, di mana dua gerbong dihancurkan dan gerbong prasmanan terbakar, menjebak banyak korban di dalamnya.

Kepala stasiun Larissa yang sedang bertugas pada saat bencana ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan karena kelalaian. Dia telah menerima sebagian tanggung jawab karena gagal mengubah rute kereta, dan menghadapi kemungkinan hukuman seumur hidup jika terbukti bersalah.

Anggota serikat pekerja mengatakan masalah keselamatan di jalur kereta api Athena-Thessaloniki telah diketahui selama bertahun-tahun.

Federasi serikat kereta api mengutuk “kurangnya rasa hormat terhadap jaringan kereta api Yunani oleh pemerintah berturut-turut selama bertahun-tahun, yang telah menyebabkan hasil yang tragis ini”.

‘Saya tidak punya informasi’

Sementara itu, kru pemulihan menghabiskan hari ketiga menjelajahi reruntuhan.

Kekuatan tabrakan langsung dan kebakaran yang diakibatkannya memperumit tugas menentukan jumlah korban tewas. Petugas mencocokkan bagian tubuh yang dipotong-potong dan dibakar dengan sampel jaringan untuk menentukan jumlahnya.

Jenazah dikembalikan ke keluarga di peti mati tertutup setelah korban diidentifikasi melalui sampel DNA kerabat terdekat.

Kerabat penumpang masih terdaftar sebagai belum ditemukan menunggu di luar rumah sakit di pusat kota Larissa untuk berita.

Di antara mereka adalah Mirella Ruci, yang putranya yang berusia 22 tahun, Denis, masih hilang.

“Anak saya tidak ada dalam daftar resmi sejauh ini dan saya tidak punya informasi. Saya memohon kepada siapa pun yang mungkin pernah melihatnya di gerbong kereta 5, kursi 22, untuk menghubungi saya jika mereka mungkin melihatnya, ‚ÄĚRuci, berjuang agar suaranya tidak pecah, kepada wartawan.

Pejabat kementerian kesehatan mengatakan semua identifikasi korban akan dilakukan dengan pencocokan silang sampel DNA dari anggota keluarga karena kondisi jenazah yang begitu banyak.

Demonstran di seluruh negeri diharapkan mengadakan demonstrasi diam-diam pada Jumat malam, sementara serikat pekerja meminta pekerja kereta api untuk mogok untuk hari kedua berturut-turut.

Di Thessaloniki, kota terbesar kedua Yunani, polisi mengatakan demonstrasi sekitar 2.000 pengunjuk rasa berubah menjadi kekerasan pada Kamis, dengan pengunjuk rasa melempar batu dan bom bensin.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, yang mencalonkan diri kembali tahun ini, mengatakan setelah mengunjungi lokasi kecelakaan pada hari Rabu: “Semuanya menunjukkan bahwa drama tersebut, sayangnya, terutama disebabkan oleh kesalahan manusia yang tragis.”

Juru bicara pemerintah Yiannis Economou mengatakan penyelidikan akan memeriksa “penundaan kronis dalam pelaksanaan pekerjaan kereta api – penundaan yang disebabkan oleh malaise kronis sektor publik dan kegagalan puluhan tahun”.

link demo slot