Pembeli militer Rusia dituduh ‘pengkhianatan’ oleh kepala Wagner | Berita perang Rusia-Ukraina

Pembeli militer Rusia dituduh ‘pengkhianatan’ oleh kepala Wagner |  Berita perang Rusia-Ukraina

Yevgeny Prigozhin, pemilik perusahaan tentara bayaran Wagner, menuduh para pemimpin militer Rusia melakukan pengkhianatan setelah mereka mengklaim bahwa mereka menahan amunisi yang sangat dibutuhkan untuk pertempuran di Ukraina dan menolak untuk memberikan dukungan udara.

Kelompok Wagner Prigozhin memimpin pertempuran untuk kota Bakhmut di wilayah Donetsk timur Ukraina.

“Ada oposisi langsung yang terjadi (terhadap upaya untuk memperlengkapi para petarung Wagner). Itu bisa disamakan dengan pengkhianatan,” kata Prigozhin dalam pesan suara yang diposting di saluran Telegramnya pada hari Selasa.

“Kepala staf umum dan menteri pertahanan memberikan perintah kanan dan kiri, tidak hanya untuk tidak memberikan amunisi kepada Wagner PMC (perusahaan militer swasta), tetapi juga tidak membantunya dengan transportasi udara.”

Prigozhin telah menjadi salah satu pengkritik paling gigih Menteri Pertahanan Sergey Shoigu, bersikeras bahwa anak buahnya sendiri jauh lebih efektif daripada tentara reguler. Kepala Staf Umum Rusia Valery Gerasimov ditunjuk bulan lalu untuk memimpin perang di Ukraina.

Prigozhin menuduh tentara militer memutuskan bahwa “orang harus mati pada waktu yang tepat bagi mereka”, dan mengatakan para pejuang Wagner “berjatuhan seperti lalat” karena tidak adanya perbekalan yang diperlukan.

Pejabat senior juga menolak permintaan Wagner untuk penggalian khusus untuk menggali parit, tambahnya.

INTERAKTIF-SIAPA KELOMPOK WAGNER?

Ledakan publik

Prigozhin, seorang raja katering yang menggunakan kekayaannya untuk membangun tentara swasta, telah mengambil peran yang lebih publik sejak dimulainya perang di Ukraina setahun lalu.

Dia senang mendapat sanksi dari Barat, secara terbuka menghina komandan militer tertinggi Rusia, mencoba memasukkan kesuksesan medan perang ke dalam pengaruh politik, dan merinci perekrutan tahanan untuk barisan Wagner.

Prigozhin juga menjalin aliansi informal dengan sesama garis keras, termasuk pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, dan menuduh kementerian pertahanan berusaha mengambil pujian atas keberhasilan Wagner di Ukraina timur.

Tapi bintangnya sepertinya memudar. Dia dicabut haknya untuk merekrut tahanan tahun ini di tengah tanda-tanda langkah Kremlin untuk mengekang pengaruhnya.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa pengiriman amunisi ke sukarelawan di garis depan dibatasi, tetapi tidak menyebutkan pasukan Wagner.

“Upaya untuk menciptakan keretakan dalam mekanisme interaksi dan dukungan yang erat antara unit-unit kelompok (pertempuran) Rusia adalah kontraproduktif dan bekerja semata-mata untuk kepentingan musuh,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan Selasa malam.

Alexey Muraviev, seorang pakar Rusia di Universitas Curtin di Australia, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Prigozhin sedang berusaha mendapatkan kontrak militer dari pemerintah Rusia.

“Jelas bahwa (kritik) ini terjadi pada saat Kremlin menyesuaikan strateginya di Ukraina, dan Prigozhin menginginkan bagian besar dari kue ini. Secara efektif, dia ingin memonopoli operasi Rusia di Ukraina dengan mengatakan: ‘Saya menginginkan semuanya. Beri aku apa yang aku butuhkan.’”

‘Singkirkan omong kosong’

Itu adalah pesan kedua yang ditujukan kepada pejabat pertahanan yang diterbitkan oleh Prigozhin dalam dua hari.

Dalam pesan cabul hari Senin, dia mengeluh bahwa pejabat yang tidak disebutkan namanya menyangkal saham Wagner karena permusuhan pribadi terhadapnya, dan dia diharapkan untuk “meminta maaf dan patuh” untuk memperbaiki situasi.

Kementerian pertahanan sebelumnya mengatakan Wagner tidak berada di bawah kendalinya, meskipun milisi bergantung pada negara untuk senjata dan logistik tertentu.

Tatiana Stanovaya, kepala konsultan politik R.Politik, mengatakan ledakan Prigozhin pada hari Senin tampak seperti tindakan putus asa yang ditujukan untuk “mendekati Putin”.

Tidak jelas apakah dia memikirkan Prigozhin, tetapi Putin mengatakan dalam pidatonya pada hari Selasa bahwa dia ingin mengakhiri pertikaian.

“Kita harus menyingkirkan – saya ingin menekankan ini – setiap kontradiksi antardepartemen, formalitas, kebencian, kesalahpahaman, dan omong kosong lainnya,” kata Putin kepada elit politik dan militer.

Dalam sebuah posting terpisah pada hari Selasa, Prigozhin mengatakan dia terlalu sibuk menonton pidato Putin dan karena itu tidak dapat mengomentari komentar presiden tentang “operasi militer khusus” Rusia di Ukraina.

slot gacor hari ini