Harvey Weinstein: 16 tahun untuk pemerkosaan, kekerasan seksual dalam persidangan LA | Berita Wanita

Harvey Weinstein: 16 tahun untuk pemerkosaan, kekerasan seksual dalam persidangan LA |  Berita Wanita

Produser Hollywood yang pernah terkenal yang membantu mendorong gerakan #MeToo juga menghadapi dakwaan di London.

Seorang hakim Los Angeles telah menghukum Harvey Weinstein 16 tahun penjara setelah juri memutuskan dia bersalah memperkosa dan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang aktor dan model Italia pada tahun 2013.

Hukuman hari Kamis datang di atas lebih dari 20 tahun Weinstein yang berusia 70 tahun telah pergi untuk menjalani hukuman serupa di New York pada tahun 2020 yang memicu kejatuhan mogul film yang pernah memicu #MeToo menjadi magnet.

Weinstein mengajukan banding langsung ke Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles Lisa Lench, mengatakan, “Saya tetap tidak bersalah. Saya tidak pernah memperkosa atau melakukan pelecehan seksual terhadap Jane Doe.”

Wanita Weinstein yang dihukum karena pemerkosaan terisak-isak di ruang sidang saat dia berbicara.

Beberapa saat sebelumnya, dia memberi tahu hakim tentang rasa sakit yang dia rasakan setelah diserang oleh Weinstein.

‚ÄúSebelum malam itu saya adalah wanita yang sangat bahagia dan percaya diri. Saya menghargai diri saya sendiri dan hubungan yang saya miliki dengan Tuhan,” kata wanita yang diidentifikasi di pengadilan hanya sebagai Jane Doe 1. “Saya sangat bersemangat tentang masa depan saya. Semuanya berubah setelah terdakwa menyerang saya secara brutal. Tidak ada hukuman penjara yang cukup lama untuk memperbaiki kerusakan.”

Lench menjatuhkan hukuman Kamis setelah menolak mosi oleh pengacara Weinstein untuk sidang baru.

Juri memvonis Weinstein pada bulan Desember atas satu tuduhan pemerkosaan dan dua tuduhan pelecehan seksual terhadap wanita yang memberikan laporan dramatis dan emosional selama pembukaan persidangan pada bulan Oktober tentang bagaimana dia tiba di kamar hotelnya tanpa diundang, berbicara dan menyerangnya. .

Juri membebaskan Weinstein dari hukuman yang lebih lama ketika mereka membebaskannya dari tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap terapis pijat dan gagal mencapai vonis atas tuduhan yang melibatkan dua wanita lain.

Pembela berargumen selama persidangan bahwa Weinstein melakukan hubungan seks suka sama suka dengan dua wanita yang dituduh dia serang dan bahwa dua lainnya, termasuk wanita yang penyerangannya menyebabkan keyakinannya, sepenuhnya mengarang insiden tersebut.

Pekan lalu, Lench menolak permintaan Gloria Allred, seorang pengacara untuk beberapa wanita yang bersaksi di persidangan, untuk mengizinkan orang lain membuat pernyataan serupa di pengadilan tentang pria yang telah menjadi target utama gerakan #MeToo selama lima tahun. dulu .

“Saya tidak akan menjadikan ini forum terbuka tentang tindakan Tuan Weinstein,” kata Lench saat itu.

Ketidakpastian hukum akan ada untuk Weinstein di Pantai Barat dan Pantai Timur Amerika Serikat.

Pengadilan tertinggi New York telah setuju untuk mendengarkan banding atas tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksualnya di sana. Dan jaksa penuntut di Los Angeles belum mengatakan apakah mereka akan mengadili kembali Weinstein atas dakwaan yang tidak dapat diputuskan oleh juri.

Belum jelas di mana dia akan menjalani waktunya sementara masalah ini diputuskan.

Hukumannya di New York harus dijalani sebelum hukuman penjara di California, meskipun persidangan ulang atau masalah lain dapat mencegahnya dikirim kembali ke sana dalam waktu dekat.

Weinstein memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat di New York pada tahun 2039.

Dia juga menghadapi tuduhan penyerangan tidak senonoh di London atas insiden yang terjadi pada tahun 1996.

Data SGP