Final Piala Liga: Manchester United vs Newcastle | Berita Sepak Bola

Final Piala Liga: Manchester United vs Newcastle |  Berita Sepak Bola

SIAPA: Manchester United vs Newcastle
Kapan: Minggu 26 Februari pukul 16:30 GMT
Di mana: Stadion Wembley, London

Manchester United akan bertujuan untuk mengakhiri kekeringan trofi enam tahun mereka ketika tim kebangkitan Erik ten Hag menghadapi Newcastle di final Piala Liga, sementara revolusi The Magpies yang didanai Saudi dapat memberikan hadiah besar pertama klub sejak 1969.

Sebagai anggota aristokrasi sepak bola Inggris yang berkinerja buruk dalam beberapa tahun terakhir, Man Utd berharap pertunjukan di Wembley pada hari Minggu dapat berfungsi sebagai kelahiran kembali yang telah lama ditunggu-tunggu.

Namun, Newcastle percaya bahwa final dapat berfungsi sebagai bukti nyata bahwa mereka sekarang adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, menikmati peran mereka sebagai orang kaya baru yang mengganggu kekuatan Liga Premier yang sudah mapan.

Kekeringan trofi Man Utd

Manchester United belum pernah memenangkan trofi besar sejak Liga Europa 2017, hadiah yang mereka klaim hanya beberapa minggu setelah mengalahkan Southampton di final Piala Liga terakhir mereka.

Seakan kekeringan trofi terpanjang mereka selama 40 tahun tidak cukup buruk, United juga menderita penghinaan melihat rival sengitnya Manchester City menyalip mereka sebagai kekuatan sepakbola utama Inggris.

United, yang terakhir memenangkan gelar pada 2013, finis di urutan keenam di Liga Premier musim lalu.

Namun setelah satu dekade di alam liar, mereka telah dihidupkan kembali oleh ten Hag sejak kedatangannya dari Ajax tahun lalu.

Ten Hag telah mencoba meredam ekspektasi di musim pertamanya, tetapi dia tahu bahwa kemenangan akhir pekan ini akan menjadi momen penting bagi klub untuk bangkit dari keterpurukan.

β€œIni kesempatan bagus untuk mendapatkan trofi. Para penggemar sangat menantikannya dan itulah mengapa kami melakukan semua yang kami bisa untuk memberikan hak mereka,” kata ten Hag.

Marcus Rashford dari Manchester United diragukan untuk final hari Minggu (Phil Noble / Reuters)

Newcastle tidak akan mudah menyerah

Didorong oleh manajemen cerdik Eddie Howe dan otot keuangan pemilik mereka yang didukung Saudi, Newcastle sepertinya tidak akan menjadi kekuatan pendorong.

Pernah dianggap sebagai bahan tertawaan Liga Premier, Newcastle muncul sebagai kekuatan nyata untuk pertama kalinya sejak ‘penghibur’ Kevin Keegan nyaris memenangkan gelar pada 1990-an.

Ini merupakan peningkatan pesat yang mengejutkan bagi tim yang terperosok di zona degradasi ketika Howe ditunjuk tak lama setelah pengambilalihan senilai $376 juta dari mantan pemilik yang tidak populer Mike Ashley pada akhir tahun 2021.

Dana Investasi Publik Arab Saudi memegang 80 persen saham di klub, tetapi Howe adalah wajah publik dari kebangkitan Newcastle.

Meskipun mengalami penurunan performa baru-baru ini, Newcastle berada di urutan kelima di Liga Premier, hanya dua tempat di belakang Man United. Untuk akhir pekan ini mereka fokus untuk memenangkan trofi besar pertama klub sejak Piala Pameran Antar Kota 1969. Hadiah domestik besar terakhir Newcastle datang pada tahun 1955 ketika mereka mengangkat Piala FA.

Untuk kota yang terobsesi dengan sepak bola selama beberapa dekade tanpa trofi adalah hukuman yang kejam bagi ‘Toon Army’ yang telah lama menderita, yang akan menyaksikan final domestik pertama Newcastle sejak kalah dari United di Piala FA 1999.

Paket statistik

2 – Manchester United telah mengalahkan Newcastle pada dua dari tiga kesempatan di Piala Liga.

1 – Newcastle akan membuat penampilan pertama mereka di final Piala Liga sejak 1976, dengan jeda 47 tahun mereka merupakan jarak terpanjang antara final dalam sejarah Piala Liga.

0 – The Magpies telah kalah dalam empat final besar terakhir mereka (final Piala FA 1974, 1998 dan 1999, final Piala Liga 1976) sejak memenangkan final Piala Fairs 1969.

10 – Manchester United berkompetisi di final Piala Liga ke-10 mereka, dengan hanya Liverpool (13) yang bermain lebih banyak.

5 – Manchester United memenangkan Piala Liga lima kali.

8 – Newcastle kalah dalam delapan pertandingan terakhir mereka di Wembley.

Apa yang dikatakan para manajer

Sepuluh Hag: β€œ(Ketika) Anda bermain untuk Manchester United dan Anda harus menciptakan warisan Anda sendiri, itulah mengapa Anda harus memenangkan trofi. Kami berada di arah yang benar dan pada hari Minggu kami memiliki kesempatan untuk memenangkan trofi.”

Pengadilan: β€œKami mengalahkan beberapa tim yang sangat bagus dan sangat konsisten dengan performa kami. Kami percaya kekuatan ada di tangan kami dan terserah kami untuk tampil di level terbaik itu. Kami bertekad untuk mencoba melakukan itu dan menciptakan kenangan indah untuk para penggemar kami yang luar biasa.”

slot online gratis