Pesawat, Iring-iringan Mobil, Kereta Api: Bagaimana Joe Biden Diam-Diam Datang ke Kiev | Berita perang Rusia-Ukraina

Pesawat, Iring-iringan Mobil, Kereta Api: Bagaimana Joe Biden Diam-Diam Datang ke Kiev |  Berita perang Rusia-Ukraina

Kunjungan mendadak Presiden Joe Biden ke masa perang Kiev pada Senin pagi dimulai pada larut malam di hanggar bandara militer di luar Washington, DC.

Pada pukul 04:00 (09:00 GMT) pada hari Minggu, tanpa sepengetahuan media dunia, lembaga politik Washington atau pemilih Amerika, Demokrat berusia 80 tahun itu menaiki Boeing 757 Angkatan Udara, yang dikenal sebagai C-32, naik

Pesawat, versi lebih kecil dari yang biasa digunakan presiden AS dalam perjalanan internasional, diparkir jauh dari tempat biasanya Biden naik. Dan detail yang jelas: Keteduhan di setiap jendela telah ditarik ke bawah.

Gedung Putih telah membahas kemungkinan perjalanan Biden ke Kiev selama satu tahun, dan presiden membuat keputusan akhir untuk pergi pada hari Jumat. Perjalanan tersebut adalah yang pertama bagi seorang presiden AS ke zona perang aktif di mana pasukan AS tidak terlibat dalam pertempuran dan AS tidak mengontrol wilayah udara.

Lima belas menit setelah tiba di Pangkalan Gabungan Andrews Minggu pagi, Biden, beberapa personel keamanan, tim medis kecil, penasihat dekat, dan dua jurnalis yang disumpah untuk menjaga kerahasiaan berangkat ke zona perang.

Presiden Amerika Serikat mungkin adalah orang yang paling sering diteliti di planet ini.

Anggota pers mengikuti Biden ke mana pun dia pergi, baik ke gereja atau pertemuan puncak internasional. Setiap kata yang dia ucapkan di depan umum direkam, ditranskrip, dan dipublikasikan.

Namun, dalam kasus ini, kumpulan reporter biasa, yang untuk perjalanan ke luar negeri terdiri dari 13 jurnalis dari radio, TV, foto, dan organisasi pers tertulis, dikurangi menjadi satu fotografer dan satu penulis.

Reporter tersebut, Sabrina Siddiqui dari The Wall Street Journal, mengungkapkan, setelah diizinkan oleh Gedung Putih untuk mempublikasikan detailnya, bahwa dia dan fotografer tersebut dipanggil ke Pangkalan Bersama Andrews di luar Washington pada pukul 02:15 (07:15 GMT).

Ponsel mereka disita, tidak dikembalikan sampai Biden akhirnya tiba di ibu kota Ukraina sekitar 24 jam kemudian.

Mereka terbang sekitar tujuh jam dari Washington ke pangkalan militer AS di Ramstein, Jerman, untuk bahan bakar. Di sini juga, tirai jendela tetap diturunkan dan mereka tidak meninggalkan pesawat.

Penerbangan berikutnya adalah ke Polandia, mendarat di Bandara Rzeszow-Jasionka. Ini mungkin bandara Polandia, tetapi sejak perang Ukraina itu juga menjadi pusat internasional untuk upaya pimpinan AS untuk mempersenjatai Ukraina, dengan senjata dan amunisi bernilai miliaran dolar.

Hingga saat ini, Siddiqui dan fotografer, Evan Vucci dari Associated Press, belum pernah melihat Biden sendiri. Itu tidak berubah di bandara atau ketika mereka masuk ke iring-iringan SUV.

Wartawan yang bepergian dengan Biden sering pergi dengan iring-iringan mobil, tetapi ada yang sangat berbeda tentang yang satu ini: Tidak ada sirene atau apa pun yang mengumumkan bahwa presiden AS sedang dalam perjalanan ke Przemysl Glowny, stasiun kereta Polandia di dekat perbatasan Ukraina.

Saat itu sudah pukul 21:15 waktu setempat (20:15 GMT) ketika mereka berhenti di sebuah kereta. Para jurnalis disuruh naik, masih tanpa melihat Biden.

Dengan rute yang membawa bantuan dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Ukraina dan jumlah warga sipil Ukraina yang melarikan diri ke arah lain dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, kereta tersebut memiliki sekitar delapan gerbong. Sebagian besar penumpang, kata Siddiqui, adalah “keamanan berat”.

Biden adalah penggemar kereta yang diakui.

Presiden Joe Biden tiba untuk kunjungan mendadak dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Senin, 20 Februari 2023, di Kyiv. (Evan Vucci/Pool/AP)

Dia suka mengingat tahun-tahun perjalanannya dengan kereta api di perusahaan kereta api Amtrak Amerika antara Washington dan rumahnya di Delaware ketika dia menjadi senator, membesarkan dua anak laki-laki setelah ibu mereka meninggal dalam kecelakaan mobil. Salah satu julukannya adalah “Amtrak Joe”.

Namun, perjalanan 10 jam ke Ukraina ini tidak seperti yang dilakukan oleh presiden AS modern, bepergian ke zona perang aktif di mana, tidak seperti kunjungan presiden ke Afghanistan atau Irak, pasukan AS bukanlah yang memberikan keamanan.

Kereta meluncur ke Kiev dengan matahari terbit.

Biden, yang terakhir mengunjungi ibu kota Ukraina ketika dia menjadi wakil presiden di bawah Barack Obama, turun sekitar pukul 08:07 (06:07 GMT) pada hari Senin.

Area di sekitar peron dibersihkan dan duta besar AS untuk Ukraina, Bridget Brink, menunggu Biden dan stafnya.

“Senang bisa kembali ke Kyiv,” katanya.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, yang menemani presiden, mengatakan pejabat AS telah memberi tahu pejabat Rusia bahwa Biden akan melakukan perjalanan ke Kiev. “Kami melakukannya beberapa jam sebelum keberangkatannya untuk tujuan pembekalan,” katanya kepada wartawan dalam panggilan konferensi, menolak menjelaskan lebih lanjut.

Kepala Dinas Keamanan Khusus Rusia (FSB) membenarkan pengakuan Sullivan.

ÔÇťAmerika Serikat memberi tahu Rusia melalui saluran diplomatik tentang kunjungan Biden ke Kiev. Kami tidak menjamin keselamatannya,” kata direktur FSB Alexander Bortnikov seperti dikutip kantor berita Rusia TASS, Selasa.

Sullivan mengatakan perjalanan itu membutuhkan “upaya keamanan, operasional, dan logistik dari para profesional di seluruh pemerintah AS untuk mengambil tindakan berisiko yang inheren dan menjadikannya tingkat risiko yang dapat dikelola”.

daftar sbobet