Infografis: Berapa banyak yang dihabiskan anggota NATO untuk Ukraina? | Berita perang Rusia-Ukraina

Infografis: Berapa banyak yang dihabiskan anggota NATO untuk Ukraina?  |  Berita perang Rusia-Ukraina

Hanya beberapa hari sebelum ulang tahun pertama invasi Rusia ke Ukraina, ada tanda-tanda yang meningkat bahwa serangan besar baru Rusia telah dimulai.

“Kami melihat mereka (Rusia) mengirim lebih banyak pasukan, lebih banyak senjata, lebih banyak kemampuan,” kata kepala NATO Jens Stoltenberg pada hari Senin.

Rusia menuduh aliansi militer yang dipimpin Amerika Serikat itu terlibat “langsung dan berkembang” dalam konflik tersebut dengan memberikan bantuan militer puluhan miliar dolar kepada pemerintah Ukraina, termasuk tank tempur, selama setahun terakhir.

Dalam komentarnya kepada wartawan menjelang pertemuan para menteri pertahanan NATO, Stoltenberg mengatakan masalah pasokan pesawat tempur sudah dibahas, tetapi menekankan bahwa perkembangan seperti itu tidak akan membuat negara anggota menjadi bagian dari perang.

Sejarah dan ekspansi NATO

NATO, singkatan dari North Atlantic Treaty Organization, adalah aliansi militer terbesar di dunia.

Itu didirikan pada tahun 1949 oleh 12 negara anggota – Belgia, Kanada, Denmark, Prancis, Islandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Inggris dan Amerika Serikat – dengan tujuan membendung ekspansi Soviet dan mempromosikan integrasi politik dengan berani di Eropa.

Antara tahun 1950 dan 1999, tujuh negara lagi – Yunani, Turki, Jerman Barat, Spanyol, Republik Ceko, Hongaria, dan Polandia – bergabung dengan aliansi tersebut.

Ekspansi berlanjut pada tahun 2004 ketika tujuh negara Eropa Timur – Bulgaria, Estonia, Latvia, Lituania, Rumania, Slovakia, dan Slovenia – bergabung dengan blok militer. Dari jumlah itu, semuanya kecuali Slovenia adalah bagian dari Pakta Warsawa – sebuah perjanjian pertahanan yang dibuat pada tahun 1955 antara Uni Soviet dan tujuh negara satelit.

Hari ini, NATO terdiri dari 30 negara. Hanya enam anggota dari 27 negara Uni Eropa (UE) yang bukan anggota NATO: Austria, Siprus, Finlandia, Irlandia, Malta, dan Swedia.

Presiden Rusia Vladimir Putin sering menyebut ekspansi timur NATO sebagai alasan konflik di Ukraina.

Anggaran NATO tahun 2023

Setiap tahun NATO menetapkan militer dan sipilnya anggarandengan semua negara anggota berjanji untuk berkontribusi pada anggaran berdasarkan formula pembagian biaya yang berasal dari pendapatan nasional bruto masing-masing negara.

Anggota NATO telah berkomitmen minimal dua persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka untuk pengeluaran pertahanan untuk terus memastikan kesiapan militer aliansi, tetapi sebagian besar negara telah kehilangan target selama bertahun-tahun.

Untuk tahun 2023, anggaran militer ditetapkan sebesar 1,96 miliar euro ($2,10 miliar), mewakili peningkatan 25,8 persen dibandingkan tahun lalu.

AS dan Jerman telah berjanji untuk memberikan kontribusi persentase tertinggi untuk anggaran militer, lebih dari 30 persen dana aliansi.

INTERAKTIF - ANGGARAN MILITER 2023

Upaya Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO

Pada 16 Mei 2022, Swedia secara resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO. Dua hari kemudian, Finlandia mengikutinya.

Pada tanggal 5 Juli, duta besar NATO menandatangani protokol aksesi untuk mengizinkan Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi tersebut.

Antara Juli dan September, 28 anggota NATO, selain Hungaria dan Turki, Swedia dan Finlandia menyetujui aksesi mereka. NATO membutuhkan persetujuan bulat dari semua anggota yang ada untuk menerima anggota baru.

Turki telah menuntut agar negara-negara Nordik berhenti mendukung kelompok bersenjata Kurdi, seperti Partai Pekerja Kurdistan (PKK), dan mencabut larangan mereka atas penjualan beberapa senjata ke Turki.

Pada bulan Januari, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengindikasikan bahwa Ankara dapat menyetujui Finlandia bergabung dengan NATO, tetapi bukan Swedia, sehubungan dengan meningkatnya ketegangan dengan Stockholm.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, yang memiliki hubungan dekat dengan Putin, berjanji bahwa parlemennya akan menyetujui dua tawaran tersebut bulan depan.

Finlandia berbagi perbatasan 1.300 km (810 mil) dengan Rusia. Meskipun Swedia tidak berbagi perbatasan darat dengan Rusia, Swedia berbagi perbatasan laut dengan negara di Laut Baltik.

Rusia sangat menentang aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO, melihatnya sebagai perambahan lebih lanjut dari aliansi transatlantik ke perbatasan Rusia.

INTERAKTIF - SWEDIA + FINAL

Berapa banyak bantuan yang dikirim anggota NATO ke Ukraina?

Menurut data terbaru dari Kiel Institute for the World Economy, sebuah think tank Jerman, antara 24 Januari dan 20 November 2022, anggota NATO berkomitmen setidaknya 75,2 miliar euro ($80,5 miliar) dalam bantuan keuangan, kemanusiaan, dan militer.

Dengan komitmen sebesar 47,8 miliar euro ($51,2 miliar), AS adalah kontributor terbesar Ukraina, dengan setidaknya 22,9 miliar euro ($24,5 miliar) untuk janji militer, 15,05 miliar euro ($16,1 miliar) dalam bantuan keuangan dan 9,9 miliar euro ( $10,6 miliar)) dalam bentuk bantuan kemanusiaan.

Bantuan militer meliputi senjata, peralatan, dan bantuan keuangan untuk militer Ukraina. Bantuan kemanusiaan mencakup obat-obatan, makanan, dan barang-barang lainnya untuk warga sipil, sementara bantuan keuangan datang dalam bentuk hibah, pinjaman, dan jaminan.

Inggris adalah kontributor anggota NATO terbesar kedua dengan 7,1 miliar euro ($7,6 miliar) yang dijanjikan ke Ukraina, sementara Jerman di urutan ketiga dengan 5,4 miliar euro ($5,8 miliar).

Swedia dan Finlandia yang bukan anggota berkomitmen masing-masing setidaknya 810 juta euro ($867 juta) dan 310 juta euro ($332 juta).

Sejak 20 November, AS dan negara lain telah menjanjikan paket militer tambahan ke Ukraina. Bagan di bawah ini memberikan perincian terperinci tentang berapa banyak komitmen masing-masing negara anggota NATO untuk Ukraina.

Senjata apa yang dipasok anggota NATO ke Ukraina?

Sejak dimulainya perang pada 24 Februari, negara-negara anggota NATO telah mengirimkan baik senjata konvensional maupun peralatan dan senjata yang lebih canggih ke Ukraina.

Ini termasuk:

  • Helikopter Westland Sea King
  • Sistem pertahanan udara berpemandu inframerah lintas udara IRIS-T
  • Rudal anti-tank Javelin
  • Howitzer
  • Drone switchblade
  • Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS)
  • Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional (NASAMS)
  • Tank dan misil T-72
  • Senjata Anti-Tank Ringan (NLAW) Generasi Selanjutnya
  • Multiple Launch Rocket Systems (MLRS)
  • Senjata self-propelled Caesar
  • Tank macan tutul 1 dan 2

INTERAKTIF-jenis-senjata-Ukraina-diterima.png

Tank modern dan pesawat tempur canggih

Pada bulan Januari, AS, Inggris, dan Jerman masing-masing berjanji untuk mengirim tank tempur utama modern ke Ukraina. Inggris mengatakan akan mengirimkan 14 tank Challenger 2, Jerman setuju untuk mengirim 88 tank Leopard, dan AS mengatakan akan mengirim lusinan M1 Abrams untuk mendukung upaya perang negara itu.

Analis mengatakan generasi terbaru tank tempur utama sangat penting bagi Ukraina untuk melubangi garis pertahanan Rusia dan merebut kembali wilayah yang direbut oleh pasukan Rusia pada minggu-minggu pembukaan invasi.

Ukraina Selatan adalah area tangki yang datar dan ideal. Rusia telah membangun barisan parit dan bunker yang dibentengi untuk menghentikan kemajuan Ukraina di daerah tersebut.

INTERACTIVE_UKRAINE_LEOPARD_ABRAM_TANKS_JAN25

Selain tank, Ukraina juga mendorong jet tempur supersonik generasi keempat Barat, termasuk F-16 buatan AS.

Angkatan udara Ukraina memiliki armada pesawat tua era Soviet yang meluncur dari jalur perakitan bahkan sebelum mendeklarasikan kemerdekaan lebih dari 31 tahun lalu. Jet digunakan untuk misi mencegat dan menyerang posisi Rusia.

Inggris, AS, dan Prancis tidak mengesampingkan pengiriman jet tempur ke Ukraina, meskipun Jerman telah melakukannya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan tidak ada kemungkinan jet tempur dikirim ke Ukraina. Scholz mengatakan sekutu Barat akan terus mendukung Ukraina, tetapi dia juga menekankan bahaya memicu konflik lebih lanjut.

INTERAKTIF_UKRAINE_F16 Elang

NATO dan sekutunya juga telah melatih puluhan ribu tentara Ukraina, termasuk pasukan khusus.

Ukraina telah lama menyatakan minatnya untuk bergabung dengan NATO. Pada 2019, mengadopsi amandemen konstitusi untuk mengejar keanggotaan aliansi.

Sementara Ukraina tidak diharapkan untuk bergabung dengan NATO dalam waktu dekat, Stoltenberg mengatakan pada bulan Desember bahwa “Rusia tidak memiliki hak veto” pada negara-negara yang bergabung dan bahwa aliansi tersebut “juga berdiri dengan keanggotaan untuk Ukraina”.

Pengeluaran Sidney