Bola Tinubu memenangkan pemilihan presiden Nigeria yang kontroversial | Berita Pemilu

Bola Tinubu memenangkan pemilihan presiden Nigeria yang kontroversial |  Berita Pemilu

Tinubu, pemimpin nasional Kongres Semua Progresif (APC), memenangkan suara populer dalam pemilihan yang disengketakan.

Bola Tinubu, politisi yang lama dipuji sebagai “bapak Lagos modern”, telah memenangkan persaingan ketat untuk menggantikan Muhammadu Buhari sebagai presiden Nigeria berikutnya.

Tinubu, “setelah memenuhi persyaratan undang-undang, dengan ini dinyatakan sebagai pemenang dan dipilih kembali”, Ketua Komisi Pemilihan Nasional Independen (INEC) Mahmood Yakubu mengumumkan Rabu pagi.

Tinubu mengumpulkan 8,8 juta suara untuk mengalahkan Atiku Abubakar dan mengejutkan calon terdepan Peter Obi yang masing-masing mencetak 6,9 juta dan 6,1 juta untuk menjadi presiden beberapa jam setelah tiga partai oposisi menyerukan pembatalan apa yang mereka sebut sebagai “pemalsuan” pemilu.

“Ini adalah mandat yang serius – dengan ini saya menerimanya. Untuk melayani Anda… Untuk bekerja dengan Anda dan menjadikan Nigeria hebat,” kata Tinubu saat para pendukung menyoraki “Jagaban”, gelar kepala suku setempat.

“Saya menghimbau kepada rekan-rekan peserta untuk membiarkan kami bekerja sama. Ini adalah satu-satunya bangsa yang kita miliki. Ini adalah salah satu negara yang harus kita bangun bersama,” imbuhnya.

Hasil pemilu INTERAKTIF di Nigeria di luar gambar-03
Hasil pemilihan presiden Nigeria 2023 berdasarkan angka – Klik untuk melihat hasilnya (Al Jazeera)

Mantan gubernur Lagos dua periode, yang dianggap sebagai ayah baptis politik paling berpengaruh dalam sejarah Nigeria saat ini, kehilangan kampung halamannya di Lagos karena Obi tetapi pada akhirnya berhasil dalam upayanya untuk menjadi presiden kelima Nigeria sejak kembalinya demokrasi pada tahun 1999.

Kenaikan ketenarannya dimulai pada tahun 1992 ketika dia terpilih sebagai senator di Lagos. Ketika pemilihan presiden dibatalkan oleh pemerintah militer setahun kemudian, dia bergabung dengan koalisi politisi dan masyarakat sipil untuk menyerukan pemilihan baru.

“Dia telah melakukannya sebelumnya, dan kami tahu dia akan melakukan yang lebih baik daripada yang dia lakukan di Lagos,” kata suporter Adenike Mutiat Abubakar (43). “Dia adalah orang dari rakyat, jadi itu sebabnya semua orang menginginkannya.”

Pendukung Bola Tinubu merayakan kemenangannya.  Seorang wanita merentangkan tangannya dengan telepon di satu tangan, tertawa dan tersenyum.  Dia dikelilingi oleh pendukung lain yang sedang merayakannya
Pendukung Bola Tinubu dari Kongres Semua Progresif merayakan sebelum pengumuman akhir hasil pemilu di markas kampanyenya di Abuja (Foto Ben Curtis/AP)

Magnum opus Tinubu datang pada tahun 2015 ketika Kongres Aksi Nigeria (ACN) miliknya bergabung dengan Kongres untuk Perubahan Progresif (CPC) Buhari untuk membentuk Kongres Semua Progresif (APC) yang menggulingkan Presiden Goodluck Jonathan yang sedang menjabat.

Pakar politik berspekulasi bahwa hanya masalah waktu sebelum Tinubu meluncurkan upaya untuk mengklaim kursi kepresidenan untuk dirinya sendiri, yang mengarah ke slogan “Emi lokan” (Yoruba untuk “giliran saya”) yang dia definisikan sebagai kampanye.

Sebelumnya pada hari Selasa, Partai Demokratik Rakyat (PDP), Partai Buruh (LP) dan Kongres Demokratik Afrika (CDC) mengadakan konferensi pers yang menyerukan agar hasil pemilu dibatalkan, dengan mengatakan bahwa pemungutan suara itu “palsu” dan hanya “suara”. . alokasi dan bukan komposisi”.

judi bola online